Senin, 11 Januari 2010

SOUP RECIPE

SUP BIHUN UDANG
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
150 gr bihun kering
350 gr udang ukuran sedang
1 sdm kecap asin
3 lembar daun jeruk
1 liter air
1.5 sdt garam/secukupnya
1/2 sdt gula pasir/secukupnya
4 sdm minyak sayur
Sayur, iris halus:
Sawi (caisim, pokchoy, sesuai selera)
Wortel
Jamur kuping (aku pake yg segar)
Bumbu Halus:
10 butir bawang merah, goreng utuh
7 siung bawang putih, goreng utuh
6 butir kemiri, goreng
3/4 - 1 sdt merica bubuk
Cara:
Rebus atau siapkan bihun sesuai petunjuk di kemasan, tiriskan dan sisihkan.
Udang dikupas bersih (sisihkan kulit dan kepalanya), aduk dengan kecap asin diamkan 15 menit di kulkas.
Sangrai kulit dan kepala udang sampai tidak berair, tuangi air. Didihkan lalu tutup dan simmering hingga agak menyusut. Saring, takar kaldu sebanyak 750 ml.
Panasin minyak, tumis udang sampai setengah matang, tiriskan dan sisihkan, jaga wajan tetap panas.
Masukkan bumbu halus dan daun jeruk ke wajan, tumis hingga wangi.
Tuangi kaldu udang, didihkan, tambahkan garam dan gula.
Masukkan udang tumis dan sayuran yang telah diiris halus, didihkan sekali lagi, angkat.
Siapkan bihun di mangkuk, tuangi kuah, sajikan segera.
Note:
Bisa ditambah taburan sesuai selera, seperti daun bawang ato bawang goreng, kecap manis dan sambal.
Sayur bisa diganti apa aja misalnya taoge, brokoli, jamur2an lainnya, dll.
Kalo demen kuah banjir, tambah sendiri kaldunya dg aer panas ya.

Monday, April 14, 2008

Bakso Sukses

Resep ini perbaikan dari resep baksoku yang pernah kuposting terdahulu yah (http://dapurgue.blogspot.com/2007/06/bakso-indonesian-meatballs-soup.html). Good Luck!


Bakso Sukses ala Lia
(judulnya narsis!)
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
500 gr daging (sapi ato ikan, ikannya campur udang juga ok)
6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
3 siung bawang putih
1 butir telur
75-100 gr tepung tapioka (untuk bakso ikan aku pake 150gr)
1 sdt baking powder (memberi efek kering renyah, bukan kenyal membal)
1.5 - 2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
(untuk bakso ikan plus 1 sdt gula pasir, 1 sdm saus tiram, 1 sdt minyak wijen. semuanya ini optional aja, tergantung selera)
8-10 butir ice cubes
Cara:
Giling daging/ikan dengan bawang goreng dan bawang putih hingga halus, pindahkan ke baskom.
tambahkan tepung tapioka dan bahan2 lain sambil diuleni dengan tangan sekitar 20 menit.
Istirahatkan 15 menit, uleni lagi sebentar sekitar 10 menit. tekstur adonan jadi lengket & liat.
siapkan air di panci (suhu ruang, bukan panas).
bulat2kan adonan dengan dua sendok ato pake pencetan tangan, langsung masuk ke air. kerjakan sampai semua adonan habis.
panaskan dengan api sedang hingga mendidih dan mengapung, tiriskan.
Biar kaya bakso malang, sajikan dengan kuah kaldu, mi telur, sayur rebus, siomay dan pangsit goreng
Note:
kalo pengen bakso sapi kasar, setengah bagian daging digiling kasar
pengen lebih bagus lagi, masa istirahat disimpen 1 jam di friser
bisa ditambahkan irisan bawang daun (spring onion) kalo suka
takaran tapioka bisa ditambah, maksimal 30% dari berat daging

Tuesday, March 25, 2008

Sup Bening Baso Tahu

Bosan dengan aneka sup "berat", tadi bikin sup sayuran yang bening, ringan dan segar dengan tambahan bola-bola tahu. bisa juga ditambah aneka isian lain seperti baso sapi mopun aneka sosis. loh... gak jadi sup ringan dunk, hihiihi...



Sup Bening Baso Tahu

By: Lia, Dapurgue
Bahan Sup:
250gr wortel, potong dadu
150 gr kacang polong beku
1 buah tomat ukuran sedang, potong kasar
1 liter kaldu
4 batang seledri, simpulkan
2 batang seledri, iris halus
5 butir bawang merah, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2-3 sdt garam/secukupnya
3/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
3 sdm minyak sayur untuk menumis
Cara:
Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis dengan minyak hingga wangi dan matang.
rebus kaldu dengan seledri, didihkan.
Masukkan bumbu tumis dan semua bahan lain kecuali seledri iris, masak hingga sayuran mulai matang, angkat.
Tambahkan baso tahu goreng, sajikan dengan ekstra taburan seledri iris halus.

Baso Tahu Goreng
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
4 buah tahu ukuran sedang (4x4cm), haluskan
1 butir telur
2 sdm tepung tapioka
3 tangkai bawang daun (spring onion), iris halus
1 tangkai seledri, iris halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam /secukupnya
1/2 sdt gula pasir
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdm minyak sayur untuk menumis.
Cara:
Haluskan tahu, peras sebentar.
Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga matang.
Aduk tahu, bumbu tumis dan semua bahan lain hingga rata. Bulatkan dengan dua sendok menjadi bola2 atau lonjong, goreng hingga matang, tiriskan.
Masukkan ke dalam kuah sup saat akan disajikan.

Thursday, February 28, 2008

Sup Ayam Pedas

Sup ayam yang brasa pedas asam segar paling sering jadi pilihanku untuk meredakan flu, meringankan hidung mampet & tenggorokan seret. Ditambah cabe yang punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mineral dan capsaicin yang bisa membantu mengurangi ketegangan urat syaraf, mengencerkan lendir, melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis. Aroma daun jeruk nan wangi bikin kita tergoda menghirup uap hangat sup ini lagi dan lagi dan lagi. Kucai, berfungsi melancarkan peredaran darah sekaligus... afrodisiak loh!
Dan yang paling crucial adalah: sup ayam ini enaaaak bangeeet! Hehehehehhh....

SUP AYAM PEDAS
By : Lia, Dapurgue
Bahan :
1 ekor (700-800 gr) ayam kampung, potong2 sesuai selera
1.25 liter air
1-2 sdm air jeruk limau atau secukupnya tergantung selera asam
5 lembar daun jeruk
2 batang sereh, geprak
Garam & gula pasir secukupnya
7 tangkai kucai, potong2
2 buah tomat merah, potong2
3 sdm minyak sayur untuk menumis
Bumbu halus:
3 siung bawang putih
2 buah cabe merah
Cabe rawit secukupnya
1/4 sdt merica bubuk
2 lembar daun jeruk
Cara:
Didihkan air, masukin potongan ayam dan kecilkan api. Simmer dengan panci tertutup rapat hingga ayam setengah empuk.
Panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh dan daun jeruk hingga wangi dan matang.
Masukin ke rebusan ayam, tambah garam dan gula pasir. Lanjutkan memasak hingga ayam empuk.
Masukin potongan tomat, besarkan api ke medium, didihkan.
Matikan api, masukin kucai dan air jeruk limau, aduk sebentar. Sajikan hangat.
Note:
Kalo pake ayam ras sebaiknya buang kulitnya agar kaldu tidak terlalu berminyak dan amis.
Pilih daun jeruk yang tua agar aromanya maksimal.

Friday, June 29, 2007

Bakso, Indonesian Meatballs Soup

We Indonesian called this Bakso. It's a simple delicious side dish adopted from chinese dim sum, there's only meatballs within a clear stock, with a sprinkle of finely chopped spring onion -or sometimes celery- and crispy fried onion. It usually served with noodles, and will be more delightful with some "accessories" to enrich its appealing as steamed tofu, chopped vegetables, fried and steamed wontons.


INDONESIAN MEATBALL SOUP
By: Lia, Dapurgue
Ingredients:
250 gr beef chuck, coarsely chopped
35 gr tapioca starch
75 gr ice cubes
2 egg whites
¾ tsp baking powder
1 tsp salt
2 cloves garlic, crushed
2 tbs crispy fried onion
750 ml water
Soup:
750 ml beef stock
1 tsp salt
½ tsp pepper
3 cloves garlic, crushed
Complements:
Finely chopped spring onion
Crispy fried onion
Egg noodle or ramen (follow the instructions on the box)
Boiled chopped vegetables (pokchoy, chinese spinach etc), or
Shredded raw vegetables (carrot, lettuce, cabbage)
Hot chilli sauce
Method:
Mix all ingredients EXCEPT water. Process in food processor until well blended.
Let stand for an hour in feezer.
Heat water and bring to a full boil, turn off the heat.
Using two spoons, scope out the meat batter into balls and drop directly onto the hot water. Do this until all balls are done and popped out to the surface.
Turn on the heat and let it come to a full boil again. Remove from heat and drain the meatballs, set aside.
Now let's make the soup, start by bringing the beefstock to boil, add salt, pepper and garlic. Reduce the heat to simmer, cook for 15 minutes, remove from heat.
Place the meatballs, noodle, vegetables and clear soup in a bowl, sprinkle with spring onion and crispy fried onion. Serve warm with chilli sauce if you like it hot.


Indonesian Version

BAKSO SAPI ala LIA
By: Lia, Dapurgue
Bahan:
250 gr daging sapi bagian paha, iris kasar
35 gr tepung kanji
75 gr es batu, geprak
2 butir putih telur
¾ sdt baking powder
1 sdt garam
2 siung bawang putih
2 sdm bawang merah goreng
750 ml air

Kuah:
750 ml kaldu sapi + 1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
3 siung bawang putih geprak

Pelengkap:
Mi telur, seduh hingga lunak, tiriskan
Sawi/pokchoy rebus
Daun bawang iris tipis
Bawang goreng
Sambal

Cara:
Aduk semua bahan (kecuali air) asal bercampur.
Giling semua jadi satu menggunakan chopper/food processor/blender/gilingan daging manual.
Istirahatkan 1 jam di kulkas/friser.
Didihkan air, matikan api. Sendokkan adonan bakso menjadi bola-bola ukuran sesuai selera, langsung masuk ke air panas tersebut.
Kerjakan hingga seluruh adonan habis dan bakso mengapung. Nyalakan api dan didihkan kembali, tiriskan bakso.
Buat kuahnya: didihkan kaldu, masukin bumbu dan kecilkan api, masak dalam kondisi tertutup selama 15 menit, angkat.
Sajikan bakso, kuah dan pelengkap dalam satu mangkuk dengan sambal terpisah.

Monday, March 05, 2007

Kelo Kuning


My grannies called it "Kelo Kuning", means yellow soup in Javanese. This soup served by generations in my family. A tasty clear soup made of fish stock, with fishes themselves, enriched with the fragrance of lemongrass and kaffir lime leaves, exotically spiced with garlic, ginger and turmeric, I can never help myself craving for this soup, specially in summer. Any kind of fish will do well, but milkfish will be best.

MILKFISH IN FRAGRANT YELLOW CLEAR SOUP
Ingredients:
2 milkfish (800gr), clean and cut clockwise
800ml water
2 stalk lemongrass, crushed
5 pieces kaffir lime leaves
4 cloves garlic, sliced
2 red chilli/capsicum, sliced
Bird eye chilli pepper (optional, to your hot taste)
1 stalk leek, sliced
4 tbs vegetable oil
2 tsp salt
2 tbs lemon juice (or more)
3 tomatoes, coarsely sliced
Ground into a paste:
3 cloves garlic
3 cm fresh ginger
3 cm fresh turmeric
Method:
Marinate fish with ground spices and 1 tsp salt, let it stand for 30 minutes in chiller.
Heat oil n frying pan, saute garlic, lemongrass, capsicum and kaffilr lime leaves until fragrant, set aside.
Heat water to a full boil, add in marinated fish and sauted herbs. Simmer for 15 minutes.
Add in leek, bird eye chilli, tomatoes, 1 tsp salt and lemon juice, continue to cook for another 2 minutes.
Remove from heat, serve warm.

BANDENG KELO KUNING (Bandeng Kuah Kuning)
Bahan:
2 buah bandeng (sekitar 800gr), bersihkan dan potong2
800ml air
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
4 siung bawang putih, iris
2 buah cabe merahm, iris serong
Cabe rawit secukupnya (optional, kalo pengen pedes)
1 batang daun pre (leek), iris serong
4 sdm minyak sayur
2 sdt garam /secukupnya
2 sdm air jeruk ato secukupnya
3 buah tomat, potong2
Haluskan:
3 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm kunyit
Cara:
Lumuri bandeng dengan bumbu halus dan 1 sdt garam, diamkan 30 menit di kulkas.
Panasin minyak, tumis bawang putih, serai, daun jeruk dan cabe merah hingga wangi dan layu, sisihkan.
Didihkan air, masukin bandeng dan tumisan, masak dengan api kecil 15 menit.
Tambahkan daun prei, cabe rawit, air jeruk, tomat dan sisa garam, teruskan memasak selama 2 menit.
Matikan api, sajikan hangat.

Tuesday, August 29, 2006

Soto & Sup: Minestrone Soup

Gue kurang suka dengan cream soup, bagi gue terlalu berat dan eneg. Sebaliknya gue sangat suka sup yang segar dengan aneka variasi isi. Minestrone Soup aliyas Sop Merah ini salah satu yang paling gue suka. Merahnya total dari tomat sehingga rasanya tomat banget. Dipadu dengan lidah sapi yang lembut dan bola-bola daging yang chunky, sup ini terasa sangat exciting dan menggoda selera. Bikinnya rada lebih ribet daripada sop biasa, tapi percaya deh... rasanya worth-it dan homemade banget gituh...

MINESTRONE SOUP (aka. Sup Merah)
Recipe by: Lia
Bahan:
200 gr lidah sapi
1 liter air
250 gr tomat segar yang matang
5 sdm saus tomat
1 butir bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, geprak & cincang kasar
3 sdm minyak sayur
2 tangkai daun seledri
Seasonings:
1/3 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
Garam & gula secukupnya
Bola daging:
150 gr daging cincang
2 sdm rolled oats
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 sdm bawang merah goreng
1 siung bawang putih
1 butir telur
garam dan gula pasir secukupnya
Isian:
5 sdm kacang polong beku
3 buah sosis, iris2
2 buah wortel, iris dadu
Bola Daging:
Blender semua bahan jadi satu kecuali daging cincang sampe halus. Campur dengan daging cincang sampe rata dan menyatu, bentuk bola kecil2 dan goreng sampe kecoklatan. Sisihkan.
Kuah Tomat:
Didihkan air, masukin lidah sapi, rebus dengan api kecil dan tertutup setengah rapat sampe setengah matang. Keluarin, kerok kulit arinya, lalu potong dadu kecil2 dan kembalikan ke air perebusnya, tambahkan seledri. Lanjutkan merebus dengan api kecil, tertutup rapat, sampe empuk. Sisihkan seledrinya.
Takar kaldunya sebanyak 700ml (kalo kurang bisa ditambah air mendidih). Didihkan kembali kaldu tersebut, masukin tomat & rebus 3 menit. Diamkan sampe dingin. buang kulit tomat, blender daging tomat bersama kaldu. Diamkan 3-4 menit agar biji2nya mengendap dibawah, tuang perlahan ke panci agar bijinya tidak ikutan.
Penyelesaian:
Masukin potongan lidah rebus ke dalam kuah tomat.

Panasin minyak, tumis bawang putih sampe kuning. Masukin ke blenderan tomat dan panasin dengan api kecil.
Masukin bawang bombay, bahan2 isian, seasonings, bola daging. Masak dengan api kecil sampe mendidih dan bumbu meresap. Angkat.
Sajikan hangat dengan crouton ato garlic bread sesue slera.
Note:
Sengaja gue masukin bawang bombay bersama bahan lainnya agar rasanya tetep crunchy dan penampilannya gak letoy. Kalo lebih suka bawang bombay yang ditumis bisa ditumis bareng bawang putih.
Kalo suka rasa asam tomat yang lebih nendang boleh ditambah takaran saus tomatnya, ato diganti dengan pasta tomat skaligus untuk meningkatkan warnanya jadi lebih merah kinclong.
Pilih tomat yang berdaging tebal dan matang agar mendapatkan sari yang pekat dan warna yang cantik.

Wednesday, August 02, 2006

Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam punya banyak versi. Di Jawa Timur ajah ada banyak macem. Pengalaman gue jalan2 di Jawa Timur ada soto yang pake santan, ada yang disajikan pake toge pendek dan daun bawang (spring onion), ada juga yang disajikan pake toge rebus dan taburan kacang goreng. Dari semuanya gue paling ngefans ama Soto Ayam Lamongan, secara soto inilah yang gue kenal sejak kecil dan paling banyak bertebaran di Surabaya. Kuahnya seger ngga eneg. Asesorisnya juga rame: kecap manis, sambal, jeruk nipis, seledri iris, soun, kripik kentang dan bubuk bawang putih goreng. Tanpa bawang goreng. Coba bikin yukk...

SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan:
1 ekor ayam kampung (sekitar 700 gr), potong jadi 4 bagian

1.5 liter air

3 sdt garam

2 sdt gula pasir
3 tangkai seledri, simpulkan

50 ml minyak sayur untuk menumis

3 batang daun pre (leek), iris kasar

4 butir telur rebus kupas

Herbs:

5 lembar daun jeruk, sobek2 jangan putus

2 batang serai, geprak
3 cm lengkuas, geprak

Bumbu halus:

5 butir bawang merah, iris kasar & tumis setengah matang

5 siung bawang putih, iris kasar & tumis setengah matang

3 cm kunyit

3 cm jahe

1 sdt merica butiran

5 butir kemiri

Pelengkap:

75 gr soun, seduh air panas hingga lembut, tiriskan
Kripik kentang
Seledri, iris halus
Kecap manis
Irisan jeruk nipis

Sambal rebus (cabe rawit & sedikit kemiri, direbus & dihaluskan)

Koyah Bawang Putih *)
Kerupuk udang

Cara:

Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi.
Masukin herbs, terus tumis sampe pekat, angkat & sisihkan.

Didihkan air, masukin potongan ayam, telur rebus, sledri, garam, gula & tumisan bumbu. Kecilkan api, masak ayam dengan tutup dibuka dikiiitt... tetap dengan api simmer sampe bumbu meresap dan ayam empuk.

Tiriskan telur & ayam, setelah dingin disuwir2 ato diiris tipis, telur dibelah2, sisihkan.

Masukin irisan daun prei ke dalam rebusan kaldu, besarkan api ke medium.
Koreksi rasanya, tambahkan garam & gula lagi bila perlu. Didihkan bebrapa saat hingga daun prei matang (kalo merasa kuahnya kurang boleh ditambah air panas secukupnya). Matikan api.

Penyajian:

Susun dalam mangkuk secara berurutan: soun, ayam suwir dan irisan telur, siram dengan kuah panas, taburi 1 sdt koyah bawang putih, kripik kentang dan irisan daun seledri secukupnya.
Sajikan bersama sambal, kecap manis, irisan jeruk & krupuk udang.


*) Koyah Bawang Putih

Bahan:

10 siung bawang putih, iris tipis & jadikan bawang putih goreng

75 gr krupuk udang berkualitas bagus, goreng kayak biasa

Cara:

Tumbuk bawang putih goreng dan krupuk jadi satu sampe halus, aduk2 untuk meratakan. Siap dipake untuk taburan.


Note:

Pilih kunyit yang warnanya kuning tua agar warnanya cantik
Kalo suka bisa ditambahkan kubis yang diiris halus di mangkuk sebelum disiram kuah panas.

Selain krupuk udang, enak juga disajikan bareng emping goreng.
Untuk koyah, pilih krupuk udang berkualitas agar rasanya sedap dan tidak mekar jadi bubur saat bercampur kuah.

Kebiasaan keluarga gue, setelah ayam disuwir tulang2nya dimasukin kembali ke kuah untuk memperkaya kaldu.

Wednesday, April 26, 2006

Soto Daging Madura



SOTO DAGING MADURA
Hehehe... satu lagi resep nenek moyang dari madura. Soto madura sangat terkenal loh... Kalo pengen rasanya bener2 otentik, masaknya harus pake kuali tanah liat dengan api dari bahan bakar kayu. Hmmm... bener2 sedep & aromatic! Tapi, hari gini sapa seh yang rela naro kuali tanah liat plus tungku arang di dapur hihihihi...
Bahan:
500 gr daging sandung lamur
1 liter air
2 batang daun prei ukuran sedang, iris kasar
2 tangkai seledri, simpul
6 butir telur ayam rebus
1 sdm beef stock powder
2 sdt garam /secukupnya
1 sdt gula pasir /secukupnya
Minyak sayur untuk menumis
Bumbu halus:
4 cm jahe
3 cm kunyit
7 butir bawang merah, iris kasar & tumis
5 siung bawang putih, iris kasar & tumis
5 butir kemiri
Pelengkap:
Kecap asin
Kecap manis
Jeruk nipis, belah2
Krupuk udang
Taburan:
Bawang merah goreng
Seledri, iris halus
Sambal rebus:
2 buah cabe merah, iris kasar
Cabe rawit sesue slera
3 butir kemiri
Garam secukupnya
Cara:
  • Didihkan air, masukkan daging. Rebus sampe setengah matang, tiriskan daging. Biarkan kaldu diatas api kecil. Potong-potong daging seukuran single bite, sisihkan.

  • Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi & matang. Masukin potongan daging, aduk rata.

  • Masukin tumisan ke dalam kaldu bersama telur rebus. Bumbui beef stock, garam, gula & seledri. Masak sampe daging mulai empuk (kalo kuahnya kurang, tambahin air panas).

  • Masukkan daun prei, tutup rapat sampe semuanya masak. Angkat dan sajikan.

  • Sambal:
    Rebus semua bahan kecuali garam. Tiriskan & haluskan bersama garam, beri air perebus cabe
    2-3 sdm, aduk rata.
    Penyajian:
    Tiriskan telur & belah dua. Letakkan beberapa potong daging di mangkuk kecil2, beri telur, siram dengan kuah. Taburi seledri & bawang goreng. Sajikan dengan kecap manis, kecap asin, jeruk nipis & sambal yang ditempatkan terpisah, lengkapi dengan nasi hangat & krupuk udang.
    Tips:
  • Kalo mo lebih sedep, gantikan 200gr daging dengan 400gr tulang2 berdaging (misal: iga, buntut)

  • Kalo ngga berpantang jerohan, ganti 300gr daging dengan jerohan sapi (usus, babat, paru, limpa). Rebus jerohan sampe setengah matang, buang airnya (mengurangi amis & kadar oksalat) lalu satukan bersama daging, olah sesuai resep.
  • Friday, February 24, 2006

    Sup Sayur-Tofu-Daging (Chinese)

    Musim ujan gini ofkors sedeb bangets kalo makan sup panas, dengan bumbu ringan tapi rasanya gak kalah sedap dengan yang sarat bumbu.
    Ini hasil eksperimen saat kedinginan dan di kulkas cuma ada daging cincang dikit, sisa putih telur, tofu dan some leftover veggies. Teringat sup enak yang kapan hari nyicip di Shangri La, muleilah cemplung sana sini.
    Gampang & cepet bikinnya, gampang & cepet juga ngabisinnya :D
    Tapi harap maklom ye, takarannya kira2 soale pas bikin kemaren asal cemplung ajah (ini ilmu kuliner tertua di dunia hihihihi....)

    SUP SAYUR-TOFU-DAGING (Chinese)
    Bahan:

    150 gr daging cincang
    3-4 lembar kailan, iris tipis (ama batangnya juga ya)
    4 sdm butiran jagung manis segar
    1-2 butir putih telur, campur 3 sdm air, kocok lepas
    1 bungkus silken tofu, potong2
    2 siung bawang putih, geprak
    1.5 cm jahe, geprak
    750 ml air kaldu
    1 sdm minyak sayur untuk menumis
    2-3 sdt maizena, cairkan dengan 2 sdm air
    Seasonings:
    Merica bubuk secukupnya
    Garam secukupnya
    Gula pasir secukupnya
    2-3 tetes minyak wijen >> boleh ditambah, gue seh gak terlalu suka jadi cuma pake sak iprit ajah
    Cara:
    Panasin minyak sayur, tumis jahe dan bawang putih geprak sampe kuning, tuangi air kaldu dan didihkan.
    Masukin daging cincang dan seasonings. Rebus sampe matang.
    Masukin jagung manis dan tofu, didihkan 3 menit, masukin kocokan putih telur dikit2 sambil diaduk biar berserabut, masukin kailan, didihkan 2 menit lagi.
    Cicip, kentalkan dengan larutan maizena, didihkan sekali lagi dan matikan api.
    Sajikan hangat dengan campuran kecap asin dan irisan cabe rawit. Sluuuurppp..........
    Note:
    Kalo suka bisa ditambah 2 sdm saus tomat bareng bumbu2nya, rasanya jadi lebih seger.

    Saturday, September 24, 2005

    Rawon

    Syapah seehh... orang Surabaya yang ngga doyan rawon? Masakan khas Jawa Timur ini punya penggemar yang banyak. Hampir tiap daerah di Jawa Timur punya resep rawonnya sendiri2. Nah yang disini nih yang khas Surabaya :D
    Versi aslinya Rawon Surabaya lebih gelap & pekat dari daerah laen karena pake banyak keluak (sampe 8-10 biji), tapi gue lebih suka rada enceran dikit jadi gue kurangin. Buat yang suka pekat silakan tambah keluaknya.


    RAWON
    Bahan:

    500 gr daging (paling enak bagian sandung lamur), potong2 dadu
    1 liter air
    2 batang sereh, geprak
    3 cm lengkuas, geprak
    5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    2 sdt air asam
    Garam & gula pasir secukupnya
    4 tangkai daun bawang, bersihkan & potong 2-3cm
    4 sdm minyak sayur untuk menumis
    Bumbu halus:
    2 buah cabe merah
    8 butir bawang merah
    5 siung bawang putih
    2 sdt ketumbar sangrai
    ½ sdt jintan sangrai
    2 cm kunyit
    2 cm jahe
    1 cm kencur (optional)
    4-5 buah keluak yang bagus, ambil dagingnya aja ya (ya iya lah, masak batoknya mo dimakan :P)
    Pelengkap:
    Taburan bawang goreng
    Sambel terasi
    Taoge pendek yang udah dibersihkan
    Krupuk udang
    Telur asin
    Cara:
    Rebus air sampe mendidih.
    Sementara nunggu mendidih panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampe wangi dan pekat.
    Masukin potongan daging & air asam, aduk2 sambil terus ditumis sampe daging berubah warna dan kaku.
    Masukin tumisan ke dalam air yang sedang mendidih, tambahin garam & gula pasir, tutup & kecilin api. Masak sampe daging menjadi empuk (kalo kuahnya brasa kurang, tambah sendiri ya).
    Setelah daging empuk, masukin irisan daun bawang. Aduk rata & didihkan sekali lagi, angkat.
    Sajikan hangat dengan nasi putih dan pelengkap.
    Note:
    Rawon lebih enak kalo dimasak sehari sebelum disajikan. Bumbunya meresap sempurna, uaaahhh... enaaaakkkk....!

    Wednesday, August 10, 2005

    Sayur Asem

    Segernya makan sayur asem di musim panas, plus sambel terasi dan ikan asin :D Laper dan laper terus dah...! Kali ini gue sajikan Sayur Asem bersama Tiram Goreng Telur, kurang apa coba...!



    SAYUR ASEM
    Bahan:

    200 gr kacang panjang, potong2
    200 gr krai/mentimun suri, kupas & potong2 (bisa diganti labu siam)
    800 ml kaldu
    1 buah asam muda (kalo kecil2 bisa pake 2-3)
    1 buah cabe merah, ulek kasar
    2 cm lengkuas, memarkan
    Bumbu halus:
    4 buah bawang merah
    1 siung bawang putih
    2 sdt garam
    1 sdt gula pasir /sesue slera
    1/2 sdt terasi
    Cara:
    Didihkan kaldu, masukin asam muda. Rebus sampe asam lunak, angkat asamnya lalu tekan2 sampe kulitnya terkelupas. Buang kulitnya, masukin daging buah asam kembali ke kaldu bersama bumbu halus, lengkuas & cabe merah, didihkan 5 menit & masukin sayuran. Kecilkan api & tutup rapat, rebus sampe matang.
    Angkat & sajikan hangat.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar