Senin, 11 Januari 2010

BEVERAGES

STRAWBERRY MILKSHAKE
By : Lia, Dapurgue
Bahan :
300 gr strawberry segar
100 ml sirup strawberry /sesuai selera
150 ml susu kental manis /sesuai selera
400 ml air es
200 gr krim kocok, boleh juga diganti es krim rasa stroberi tapi jadi kurang gurih
Cara:
Gampang, belnder ajah jadi satu. Tuang ke gelas & sajikan segera.
Tips:
Gak ada. Gampang toh!

Caramel Frappucino

CARAMEL FRAPPUCINO
By : Lia, Dapurgue
Hirup wanginya, sendok dan rasakan froth yang ringan dan menguap di mulut sambil meninggalkan jejak rasa karamel bercampur kopi yang nikmat, lalu perlahan teguk dan kecap dengan seksama perpaduan rasa yang… perfecto !
Bahan :
3 sdm gula pasir + 2 sdm air (campuran A)
2 sdm gula pasir + 300ml air (campuran B)

2 sdm kopi instan + 2 sdm mocca extract (campuran C)

200 gr krim yang udah dikocok dan didinginkan di chiller

Cara:

Panaskan campuran A sampe menjadi karamel (tingkat kematangan karamel sesuai selera. Khusus minuman ini gue suka sampe warnanya rada gelap).

Tuangin campuran B, simmering sambil diaduk2 sampe larut dan mendidih.

Matikan api, masukin campuran C, aduk rata & diamkan hingga panasnya hilang.

Dinginkan di freezer hingga seperempat beku.

Pindahkan ke blender, tambahkan krim kocok dingin. Proses setengah menit, matikan.

Segera tuang ke gelas tinggi, sajikan.

Note:
Moka yang gue pake adalah extract, bukan essence ato pasta. Kalo pake essence/pasta takarannya sesuaikan dengan selera.

Menuang ke gelas harus sesegera mungkin, soale kalo telat bisa misah tuh buihnya.

Kalo telanjur telat aliyas misah, asal belum misah total masih bisa deh diaduk2 bentar pake sendok trus segera tuang.

Kalo misahnya udah kelamaan, blender lagi sambil cemplungin sedikit crushed ice sampe berbuih kembali.

Sisa buih yang tertinggal di blender bisa disendokkan sebagai topping.

Kunci untuk menghasilkan frappe/froth yang banyak adalah harus well blend dan diblender dalam suhu dinginnn…

Takaran gula bisa disesuaikan selera.
Kalo gue prefer ngga terlalu manis untuk nonjolin karakter body dan aftertaste-nya.

Wednesday, August 30, 2006

Drink: Mango Punch

Oiiih... lagi musim mangga niiiyyy...
Pas musim panas yang terik puanasnya buanget pulak, paling sseger sih mangganya dibikin ginian. Sluuurppp... selain seger juga sehat loh!

MANGO PUNCH
Bahan:
200 gr daging mangga setengah tua, diserut kasar
150 gr daging mangga matang
100 gr gula pasir/secukupnya
300 ml air es
400 ml air soda tawar dingin
Cara:
Aduk setengah bagian gula dengan mangga serut, diamkan 30 menit.
Blender air es, mangga matang dan sisa gula hingga halus, tuang ke wadah lain.
Masukin campuran mangga serut, aduk rata sambil dituangi air soda.
Dinginkan di kulkas minimal 3 jam sebelum disajikan.
Note:
Pilih jenis mangga yang rada asam biar brasa seger. Kalopun terpaksa pake mangga jenis manis bisa ditambahkan air jeruk nipis secukupnya.
Penyajian terbaik adalah cold from chiller, bukan cold by es batu karena es batu yang mencair akan merusak rasanya.

Monday, July 31, 2006

Puding & Jus Jagung

Hari Jumat beli jagung manis 2 pak dari temen kantor (muraaahhh... satu pak 5 biji jagung manis berkulit cuma 4rebu, padal di hero 9-10rb dengan merk yang sama, gleg). Sampe rumah buka kulkas sempet kaget karna ternyata Ibu juga baru blanja jagung manis dari tukang sayur yang lewat depan rumah (gile, lebih murah lagi, 3rb dapet 5 biji kekeke... cuman emang ukurannya lebih kecil dari yang gue beli). Lhaa... jadi banjir jagung manis deh :)) Langsung teringat Jus Jagung-nya Ambar Rurry waktu sharing di milis Dapurbunda, sluuuurpp... asli sueger pol meski tanpa es karna gue gak tahan minum dingin (sayang yang doyan cuma gue, huahahaha...). Buat yang ngga doyan jus jagung, gue bikinin deh puding jagung. Iseng2 setengah bagian gue kasi grinti, nyaaammm.... belon apa2 Mas Ali udah ngabisin sepertiga loyang duluan kekekeke.... (maklom, grinti emang paporitnya Mas Ali).

SWEET CORN JELLY with GREEN TEA
Original recipe by: me
Bahan:
1 sachet konnyaku/jelly powder (paporit gue: Hokiku, lebih kenyal & gak cepet berair dari yang laen)
1 sdm gula pasir
650 ml santan (me: pake 50 gr santan bubuk dicampur aer anget sampe 650 ml)
1 sdt peres greentea powder, larutkan dengan 5 sdm air mendidih
1 sdt vanilla essence
1 sdm butter
Blender jadi satu sampe halus:
2 buah jagung manis, disisir (kalo kecil pake 3 buah ya)
150ml air
100 gr gula pasir /secukupnya
1/2 sdt garam
Cara:
Masukin jelly powder & 1 sdm gula pasir ke panci, aduk rata. Tuangi santan dikit2 sambil diaduk rata pake spatula hingga jelly powder merata dan santan habis .
Masukin blenderan jagung manis, panaskan dengan api sedang sambil diaduk2 terus sampe mengental.
Kecilkan api, masak terus sambil diaduk hingga mendidih lembut, angkat.
Masukin vanilla essence, aduk rata. Tuang setengah bagian ke loyang/cetakan puding, diamkan hingga setengah membeku dan permukaannya mulei mengeras (tapi belum totally beku loh).
Tambahkan larutan greentea powder ke dalam sisa adonan, aduk rata. Didihkan kembali, tuang segera ke atas adonan yang udah ada dalam cetakan. Diamkan sampe beku, simpan di kulkas minimal 3 jam sebelum disajikan.

Tips:
Pilih jagung manis sesegar mungkin dan masih berkulit, agar rasa manis dan aromanya prima. Jagung manis yang dibiarin dalam kondisi terkupas bebrapa lama rasa manis & aromanya jauh berkurang.
Selain dibuat dua lapis, bisa juga dibuat bentuk marmer dengan menuang adonan kuning & hijau bergantian.
Kalo pengen warna kuning yang lebih tegas bisa ditambah food coloring kuning 2-3 tetes.
Kalo gaada greentea powder bisa diganti pasta pandan secukupnya. Jagung & pandan? Jodo bangeeet...!
Pake cetakan puding berbahan metal (aluminium or stenlis) agar lebih cepet beku.
Butter dalam resep ini berfungsi untuk ningkatin aroma, dan rasa juga jadi lebih creamy.
Santan bisa diganti fresh milk, ato gabungan fresh milk & cream.

JUS JAGUNG MANIS
Inspired by: Ambar Rurry, on milis Dapurbunda (dapurbunda@yahoogroups.com)
Bahan:
1 buah jagung manis, disisir
250 ml air matang
Simple syrup secukupnya
Es batu secukupnya
Susu kental manis secukupnya (optional, gue gak pake)
Cara:
Blender jagung manis dengan setengah bagian air, saring & tekan2 pake.
Blender lagi ampasnya dengan sisa air, saring lagi.
Siapin sirup & skm dalam gelas, tuangi jus jagung. Beri es batu & sajikan segera, untuk 2 gelas.

Friday, August 19, 2005

Blitz BreakFAST...!

Huaaahhh... baru bangun sambil ngucek2 mata, otak langsung muter kenceng mikir mo sarapan apa yah hari ini. Abis kmaren2 ga sempet blanja gara2 ada bikin orderan saban hari. Intip2 kulkas, nemu kacang panjang dikit, wortel dikit, tempe dikit, telor sisa sebiji doang (smalem abis kepake bikin bronis). Yaaa... kalo isi kulkas dah melas kek gini brarti it's time for... orak-arik! Yeah, ini menu sarapan paporit kita terutama kalo cuman ada left-over vegs di kulkas. Sayur apa ajah ceburin, campur tempe goreng & telor. Wisss... Bikinnya gampang, cepet, enak & healthy!
Sukses bikin orak-arik yang asli brantakan tapi enak, mikir minumnya dee... yang cucok apaan yee... Tuinggg, keinget Mas Ali kemaren nyempet2in beli mangga buat istri tertjintah :"> Jadi... jus mangga lagiii... kali ini plus yoghurt & freshmilk. Bener2 pagi yang suegeeerr...!

ORAK-ARIK SAYURAN
Bahan:

75 gr kacang panjang, bersihkan & potong2
75 gr wortel kupas, serut kasar
75 gr tempe, potong dadu & goreng stengah matang
1 butir telur, kocok lepas
1 buah tomat, iris kasar
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
½ sdt jahe cincang
¼ merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
Garam kalo perlu (kaldu bubuknya dah asin loo...)
100 ml air matang
2 sdm minyak sayur
Cara:
Panasin minyak, tumis bawang merah+putih dan jahe sampe wangi & kekuningan.
Masukin tempe, wortel & kacang panjang, aduk sampe sayuran layu (pake api rada gede).
Tuangi air, bubuhi kaldu, merica, tomat & gula. Kecilin api, masak sampe tingkat kematangan sesue slera.
Masukin telur kocok, aduk2 sampe telur matang dan merata.
Angkat, siap disajikan.
Tips:Selain kacang panjang & wortel bisa pake sayuran apa ajahh.. toge, kol, kentang, buncis dll

MILKY MANGO ICED YOGHURT
Bahan:

150 gr daging mangga mateng (gue suka yang asem), dinginkan
150 ml plain yoghurt dingin
150 ml freshmilk dingin (gue pake Ultra Full Cream)
3 sdm gula pasir/sesue slera
Es Batu secukupnya
Cara:
Biasaa... blender smua jadi satu kecuali es batunya. Trus tuangin ke gelas yang udah dikasi es batu duluan. Beresss... Pas buat berdua ;)

Thursday, August 04, 2005

Strawberry Sour Milk

Blanja di Superindo pulang kantor, eh nemu local-organic-strawberry. Wiih... gede2 lagi, dan tinggal sebungkus doang, harga diskon lagih! Langsung embat ajah, skalian ngembat yoghurt stroberi juga. Di kepala udah ngebayangin minum yoghurt seger pake stroberi, aiiih... senengnya daku (maklom, pas puasa juga). Sampe rumah buru2 buka kulkas, oh masi ada susu kental dan fresh milk. Hihihiyy... rupanya daku emang ditakdirkan tuk minum yoghurt-stroberi spesial nih, ya wis lah daku lempar ke blender smuanya. Traraaaa.... jadi deh... buka puasa dengan minuman spesial yuuummm........



STRAWBERRY SOUR MILK
Paduan asem2nya stroberi & yoghurt ditambah susu segar, rasanya milky tapi segeeeerr...., dan pasti sehat dong!
Bahan:
150 gr fresh strawberry, buang daunnya & cuci bersih
200 ml yoghurt rasa strawberry, dinginkan
400 ml fresh milk, dinginkan
75 ml susu kental manis
3 sdm gula pasir /sesue slera
Es batu secukupnya
Cara:
Siapin gelas2 tinggi, isi es batu secukupnya.
Blender smua sisa bahan jadi satu, tuang ke gelas & sajikan segera.

Tuesday, August 02, 2005

Orango Squash

Ga tau napa, gue sukaaa.... banged dengan paduan orange & mango. Di luar kewajaran, gue kalo dapet mangga matang yang asem malah girang abis, karna itu artinya gue bisa minum Orango Squash yang enak !! Perlu dicatet, mangga mateng yang asem ini ga bisa diganti mangga muda, otherwise rasa, warna & teksturnya ga akan bisa cantik!



ORANGO SQUASH
Bahan:

250 gr daging mangga matang yang asem, potong2
600 ml fresh orange juice
3 sdm orange concentrate (gue pake sunquick mandarin orange)
75 gr gula pasir /sesue slera
Ice cubes secukupnya
Cara:
Masukkan daging mangga, orange juice, orange concentrate & gula ke dalam blender. Proses sampe halus.
Tuang ke gelas tinggi, tambahkan ice cubes. Sajikan.

Thursday, May 19, 2005

Healthy Smoothie

Smoothie yang adem & lembut itu ngga harus berbahan dasar es krim ato susu. Gue punya beberapa resep smoothie favorit yang unik & kaya kandungan gizinya, juga cocok untuk yang lagi diet rendah lemak.


T-BANA SMOOTHIE
Teh & Pisang, lots of mineral & antioxidant
Bahan:
100 gr pisang ambon kupas, potong2 & bekukan
1 bungkus teh celup
100 ml air mendidih
2 sdm non dairy creamer /susu bubuk low-fat
2 sdm madu (ato 1 sdm gula pasir)
Cara:
Seduh teh celup dengan air mendidih, diamkan sampe dingin lalu buang kantong tehnya & bekukan.
Blender semua bahan bersama teh beku sampe rata, sajikan segera
Note:
Pisang ambon mopun cavendish gabisa diganti jenis pisang lain karna aroma dan trutama teksturnya sangat khas.
selain dipadu teh, pisang juga enak dipadu stroberi segar



ORANGO SMOOTHIE
Jeruk & Mangga, sumber Vit.C yang sangat kaya
Bahan:
50 gr mangga arumanis yang matang, potong2 & bekukan
50 gr mangga manalagi mengkal, iris2 & , bekukan
100 ml air jeruk, bekukan
Gula pasir/madu secukupnya
Cara:
Blender smua bahan jadi satu, sajikan segera
Note:
Pilih jeruk yang bercitarasa masam seperti jeruk pontianak ato medan



TEMPEH SMOOTHIE
Tempe, sumber protein yang rendah lemak, kaya serat & jauh lebih mudah diserap tubuh daripada sumber protein lainnya. Rasa smoothie ini unik, creamy & nutty flavour.
Bahan:
75 gr tempe yang bagus, potong2 & kukus 10 menit, dinginkan & bekukan
150 ml sari kedelai /soy milk tawar, bekukan
2 sdm penuh non dairy creamer
2 sdm madu (ato 1 sdm gula pasir) >> ato sesue slera
Cara:
Blender semua jadi satu, sajikan segera
Note:
Untuk variasi rasa bisa ditambahin 1-2 sdm air jahe, ato coklat bubuk, ato pisang, stroberi segar, dll.
Tempe yang masih baru dengan kualitas yg baik & murni memberikan rasa nutty yang gurih. Tempe yang udah rada lama & kurang bagus (ada campuran biji2an lain kek jagung, beras dll) menghasilkan rasa "sengir", rada pahit bahkan rada beraroma sabun!!
.
ES CENDOL WARNA-WARNI

Sayangnya ga punya cetakan cendol, dibawah ini pake potato ricer. Cendol hijau pandan-tepung berasnya ga jadi panjang-panjang seperti yang di harapkan, tapi cendol merah muda cocpandan-tepung kacang hijaunya jadi panjang-panjang; lumayan ;-)

Cendol Pandan

  • 200 g tepung beras
  • 25 g tepung tapioka
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 100 liter air + pandan paste secukupnya
  • 600 ml air mendidih
  • air es secukupnya

Cara Membuat:

  • Campur tepung, air kapur sirih, garam, air larutan pandan paste, aduk rata
  • Larutkan dalam air mendidih, aduk cepat hingga mengental dan matang
  • Tuang pada cetakan, cetak kedalam baskom berisi air es
  • Saring, bilas, letakaan pada mangkuk

Cendol Cocopandan

  • 120 g tepung kacang hijau/hunkwee
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 200 ml air + cocopandan paste secukupnya
  • 50 g gula pasir
  • 600 ml air mendidih
  • 1/2 cup air kapur sirih campur dengan air es di baskom

Cara Membuat

  • Campur tepung, beri larutan air cocopandan, aduk rata
  • Larutkan gula pasir dalam air mendidih
  • Masukkan larutan tepung, aduk cepat hingga mengental dan meletup-letup
  • Matikan api, biarkan agak dingin 5 menit max.
  • Tuang pada cetakan diatas air es+kapur sirih didalam baskom
  • Saring, bilas, letakan pada mangkuk terpisah

Santan:

  • Didihkan santan dengan sejumput garam dan 1 lembar daun pandan

Kinca

  • Didihkan 1 lembar daun pandan, gula merah, gula pasir, masak hingga larut, saring

Penyajian

  • Taruh cendol warna-warni dalam gelas saji, beri kinca dan santan, sajikan dingin (dengan es batu)
STRAWBERRY SMOOTHY


  • 5 buah stroberi yang sudah dibekukan, cuci sebentar
  • 3 sdm yogurt dingin tanpa rasa
  • 1 sachet pemanis rendah kalori (sweetener); kalau pake yogurt rasa vanila bisa juga, tapi ga usah pake pemanis

Cara Membuat

  • Taruh semua bahan didalam blender, dan blender hingga halus
  • Tuang dalam gelas saji, sajikan segera
ES SODA GEMBIRA


  • susu kental manis secukupnya
  • sirup merah secukupnya (aku pake cocopandan)
  • es batu secukupnya
  • minuman soda tanpa rasa secukupnya

Cara Membuat

  • Tuang bahan pada gelas-gelas saji berdasarkan urutan diatas, sajikan, aduk.


ES CENDOL ISTIMEWA

Kalo mau cendolnya agak kerasan dikit, kurangi air jadi 800 ml aja, ga 1 liter. Bisa juga dengan menambah 1 sdm tepung sagu/kanji, sehingga menjadi 2 sdm. Cendol ini bening dibanding cendol tepung beras. Beruntung bagi yang bermukim di Indonesia karena gula merahnya benar-benar cantik merah, sedangkan di LN, produk gula merah rata-rata dari Thailand dan hasilnya tidak gelap. Jadi kinca gula merah dibawah saya akalin dikit.

Cendol

  • 1 sdt kapur sirih, rendam dalam 1 cup air, biarkan mengendap 1-2 jam, ambil air beningnya (kalo ga punya kapur sirih, ga masalah)
  • 120 g tepung kacang hijau (green bean/mung bean starch/flour) + 1 sdm tepung sagu/kanji (pake starch apapun bisa kok, misalnya potato starch, maizena/corn starch kalo ga ada tapioca starch)
  • 800 ml air + 200 ml air
  • 50 g gula pasir
  • sedikit garam
  • 1/4 sdt pasta pandan
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • air es + es batu

Cara Membuat

  • Didihkan 800 ml air, gula, garam, serta daun pandan
  • Campurkan kedua tepung dengan sisa air, beri pasta pandan
  • Masukkan tepung, aduk cepat karena tepung akan mengental dan meletup-letup
  • Matikan kompor, biarkan adonan agak dingin
  • Tuang air es dan es batu pada baskom, beri air kapur sirih, aduk rata
  • Taruh cetakan diatas air es (aku pake potato ricer), tuang adonan, tekan/saring
  • Buang air, bilas, taruh pada container, dan dinginkan hingga saat menggunakan.

Kinca Gula Merah

  • 1/3 cup gula pasir
  • 300 cc
  • 2 gula merah + air lagi
  • sedikit es

ES CAMPUR
  • 1 sdm biji selasih
  • 3 sdm biji mutiara yang butirannya kecil
  • 1 kaleng (227 ml) water chestnut (kalo ada bengkuang yah lebih baik)
  • 1 kaleng (540 ml) cincau hitam (kalo di Chinatown, namanya grass jelly)
  • air sirup (rebus gula secukupnya dengan air dan perasan air jeruk lemon, dinginkan)
  • susu kental manis
  • esens sirup rasa apapun, saya pake rasa Hungarian Imperial Pear (Császárkörte)
  • es batu/es serut

Cara Membuat

  • Rendam biji selasih dengan air dingin, diamkan 5 menit
  • Didihkan biji mutiara dengan air yang cukup hingga berubah warna menjadi transparan, saring, cuci dengan air bersih, tiriskan
  • Buang air water chestnut, cuci dengan air bersih, tiriskan, potong dadu
  • Buang air cincau, cuci dengan air bersih, tiriskan, potong-potong
  • Susun biji selasih yang sudah mengembang di dasar gelas, lalu tumpuk dengan water chestnut, biji mutiara, cincau, air sirup, es batu. Siram es batu dengan susu kental manis dan beri beberapa tetes esens sirup atasnya. Sajikan segera/dingin.



FROSTY GREENTEA

Bahan-bahan:

  • Satu bungkus plain agar-agar(tanpa rasa)
  • Satu bungkus konyaku jelly powder (tanpa rasa)
  • 250 gr gula pasir
  • Bubuk the hijau.

Cara membuat:

  • Campur 1 bks agar-agar, 1 bks konyaku jelly powder dan bubuk teh hijau secukupnya ke dalam wadah, tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sambil diaduk, kecilkan api, masak sampai jelly matang, tuangkan ke dalam loyang, dinginkan dalam lemari es, lalu potong kotak-kotak kecil. Masak 250 gr gula pasir dengan 1 gelas air untuk membuat sirup gula.

Cara penyajian:

  • Seduh satu teko teh hijau, siapkan gelas, isi dengan potongan jelly, sirup gula, es batu, lalu tuangkan teh hijau, siap diminum.
  • * minuman ini sehat, kaya akan antioxidant, melancarkan pencernaan, menjaga kesegaran kulit, terbukti :)

Bahan - bahan :

  • 1 buah pear segar
  • 2 sdm susu kental manis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 gelas air putih matang
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Membuat :

Kupas bersih kulit buah pear, buang biji dan bagian dalam yang keras, potong2 dadu secukupnya dan masukan kedalam blender, tambahkan susu kental manis (sesuai selera), gula pasir (sesuai selera), air putih matang dan blender bahan-bahan tersebut sampai halus. Setelah itu tuang kan juice yang sudah jadi kedalam gelas juice, beri perasan air jeruk nipis (sesuai selera) dan hiaslah gelas juice anda sesuai selera dan kreatifitas masing-masing

  • teh celup 2 kantong, direbus pake aer secukupnya
  • tambahin jahe yang dikeprek 2 ruas, cengkeh 3 bj, sereh yang dikeprek 2 ruas, sm madu, plus sedikit daun pandan.

Resep kiriman oleh Wida, OWN Cafe, Yogyakarta

17 Oct 2007 Es Kacang Merah Minahasa
  • 300 gram kacang merah segar, cuci bersih
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • air secukupnya
  • 150 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanili
  • susu kental manis secukupnya
  • es serut

Cara Membuat

  • Rebus kacang merah dalam air secukupnya, beri kayu manis bubuk. Rebus hingga lunak dan air agak mengering.
  • Campur gula merah dan gula pasir, masak dalam air secukupnya hingga larut dan mengental. Angkat, saring, beri vanili, aduk rata.
  • Masukkan kacang merah dalam larutan gula; rebus hingga benar-benar tercampur dan kacang merah benar-benar lunak. Angkat
  • Hidangkan dengan es serut dan susu kental manis secukupnya.
17 Oct 2007 Es Doger
  • 150 gram tape singkong
  • 150 gram tape ketan hijau/hitam
  • 100 gram pacar cina, rebus hingga matang
  • 1 kelapa muda, ambil dagingnya
  • 200 cc sirup susu warna merah (campuran susu kental manis dan sirup merah)
  • es serut/es keprok secukupnya

Cara Membuat:

  • Tempatkan bahan-bahan dalam mangkuk/gelas saji, beri es serut, tuangi sirup, sajikan.

BAJIGUR
  • 400 gram gula merah
  • 40 gram jahe, kupas kulitnya, memarkan
  • 4 lembar daun pandan
  • 2000 cc santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:

  • Rebus semua bahan hingga mendidih, angkat, saring. Hidangkan dengan ditemanin singong, ubi, ataupun pisang rebus.

Bahan:

  • 2 buah alpukat, dikeruk
  • 5 biji buah nangka, diiris kecil-kecil
  • 1/4 buah kelapa muda dikeruk
  • 250 gr kolang-kaling diberi warna sesuai selera
  • susu kental manis secukupnya
  • es batu

Cara membuat:

  • Masukkan susu kental manis, alpukat, nangka, kelapa muda, dan kolang-kaling. Beri es batu. Sajikan.
20 Nov 2006 Es Melon

Bahan:

  • 150 gr melon kuning, dikeruk panjang
  • 1/4 sdt selasih
  • 180 gr susu kental manis
  • 450 ml air soda tawar
  • 125 gr es batu

Cara membuat:

  • Tata buah di gelas, tambahkan selasih.
  • Masukkan susu kental manis.
  • Tuang air soda.
  • Tambahkan es, sajikan segera.

  • 200 cc susu kedelai siap saji
  • 40 cc sirup
  • 1 ruas jari jahe, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 50 gr nata de coco
  • 50 gr agar-agar potong dadu
  • kelapa, potong dadu secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus susu kedelai dengan jahe dan serai, angkat dan dinginkan.
  • Tambahkan nata de coco, agar-agar, kelapa muda, dan sirup, aduk hingga matang.
  • Sajikan dengan menambahkan es.
20 Nov 2006 Es Buah Leci

Bahan:

  • 200 gr buah leci katengan
  • 10 potong batu es ukuran 2×3 cm
  • 150 gr sari kelapa (nata de coco)
  • 100 cc santan manis matang
  • 200 cc air soda manis
  • es krim strawberry

Cara membuat:

  • Haluskan buah leci dan batu dalam blendersampai halus. Dinginkan. Siapkan gelas sajt, tuangi 50 cc leci halus lalu tambahkan 3 sdm santan, 2 sdm sari kelapa dan 50 cc soda manis.
  • Tambahkan es krim. Segera hidangkan.
20 Nov 2006 Es Puding Tape Ketan Hijau

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar bubuk hijau
  • 600 ml air
  • 150 gr gula pasir
  • 250 gr tape ketan hijau

Isi:

  • 1 buah kelapa muda
  • 300 ml santan
  • sirup merah
  • susu kental manis
  • es serut

Cara membuat:

  • Didihkan air, campur dengan agar-agan Aduk rata dan tambahkan gula pasir.
  • Setelah mendidih, masukkan tape, aduk rata dan masak sebentar. Tuangkan ke dalam loyang, hilangkan uap panas dan masukkan dalam lemari pendingin.
  • Setelah dingin, potong bentuk dadu dan tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan kelapa muda, santan.
  • Beri es serut, tambahkan susu kental manis dan sirup merah.
  • Hias dengan daun pandan dan sajikan.

ES PUDING CAMPUR

Bahan:

  • 1/2 liter santan
  • 1/2 Itter susu
  • 200 gr gula pasir
  • 20 gr maizena, cairkan
  • 1 butir kelapa muda, kerik halus
  • 1 buah alpukat, kerik kasar
  • 3 buah nangka, potong dadu
  • 200 ml sirup vanili/pandan secukupnya

Cara membuat:

  • Masak susu, santan, dan gula pasir sampai mendidih sambil diaduk. Masukkan maizena dan aduk sagu sampai mengental. Masukkan telur kocok, aduk rata, kecilkan api. Angkat.
  • Masukkan adonan susu ke dalam mangkok saji. Beri sirup, potongan alpukat, nangka, dan kelapa muda, dinginkan
20 Nov 2006 Es Nanas

Bahan:

  • 1 nanas bogor yang sudah diiris persegi kecil
  • 1 butir kelapa muda/degan, dikerok dengan pengeruk degan
  • 1 ons gula pasir
  • 3 buah jeruk siam
  • 1 jeruk nipis
  • air gula semanisnya
  • es batu

Cara membuat:

  • Nanas direbus sebentar dengan sedikit air dan gula.
  • 2 macam jeruk diperas lalu saring, semua bahan disatukan. Bubuhi air matang secukupnya dan air gula semanisnya.
  • Ddihidangkan dalam gelas tembus pandang dibubuhi dengan es.

ES KELAPA MUDA

Bahan:

  • 200 gr kelapa muda, dikeruk lebar
  • 100 gr cincau hitam, dipotong kotak
  • 200 gr cendol
  • 30 gr sagu mutiara
  • 400 qr es serut

Kuah:

  • 300 ml santan dari
  • 1/2 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/8 sdt garam

Sirup:

  • 100 gr gula pasir, digosongkan
  • 150 ml air
  • 50 gr gula pasir

Cara membuat:

  • Rebus bahan kuah sampai mendidih sambil diaduk. Sisihkan.
  • Gosongkan gula pasir. Tuang air sedikit-sedkit sambil diaduk sampai gula larut. Tambahkan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  • Sajkan bahan dengan kuah santan, sirup karamel, dan es serut.
ES BUAH

Bahan:

  • 1 buah semangka
  • 1 buah melon
  • 1 pepaya
  • 1 nanas
  • santan dari 1 butir kelapa
  • air gula
  • sedikit garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat:

  • Sediakan alat pengeruk buah yang bentuknya bulat. Semangka, melon, dan pepaya dikeruk merupakan bola-bola sebesar kemiri. Nanas setelah dikupas, dibuang matanya, iris persegi kecil. Kelapa parut diperas dengan air hangat kuku yang sudah masak, bubuhi sedikit garam dan air gula semanisnya. Tambah air matang sampai se-dang manisnya.
  • Bola-bola buah dan irisan nanas dicampurkan. Hidangkan dalam gelas, taruh es serut secukupnya.
20 Nov 2006 Es Blewah

Bahan:

  • 1 buah blewah kerok
  • 1 kaieng rambutan
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 400 cc air
  • pewama merah dan hijau
  • sirup coco pandan
  • 500 ml santan

Cara membuat:

  • Rebus agar-agar dan air sampai mendidih. Bagi menjadi 2 bagian. Beri wama merah dan hijau, dinginkan. Setelah dingin, serut me-manjang.
  • Taruh agar-agar dalam gelas bersama blewah, rambutan, sirup, san¬tan, dan es. Sajikan.
20 Nov 2006 Dawet Gempol

Bahan:

  • 200 gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air mendidih
  • 2 sdm tepung kanji
  • 800 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 150 gula merah, disisir halus
  • 1500 ml air mendidih
  • es batu untuk menyajikan

Cara membuat:

  • 1. Aduk tepung beras dan garam. Seduh dengan air panas. Uleni sampai hangat kuku.
  • 2. Tambahkan tepung kanji dan uleni hingga kalis.
  • 3. Ambil sedikit adonan lalu bulatkan sebesar ketereng kecil. Tekan te-ngahnya.
  • 4. Rebus sampai mendidih hingga terapung, sisihkan.
  • 5. Rebus santan, gula merah dan daun pandan sampai mendidih lalu saring.
  • Tambahkan bola tepung beras lalu masak sampai mendidih.
  • Angkat setelah dingin, sajikan dengan es batu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar