Rabu, 20 Januari 2010

BEBEK (MADURA,BALI,GORENG OVEN,NJENGKING)

Bebek Njengking

Resep Kiriman emo emoprod@msn.com

Bahan :

1 Ekor Bebek Manila

Bahan Halus :
1 Buah Bawang Bombay
6 Ulas Bawang Putih
2 sdt Garam
1 sdt Merica Hitam
1/2 sdt Gula
1 sdt mix Italian Spice

Bahan rebusan :
1,5 liter Air Kelapa ( Untuk rebus bebek )
2 lembar daun salam
1 jempol Lengkuas Memarkan

Cara Membuat :

Haluskan semua Bumbu halus, tumis , dan masukkan air kelapa, daun salam, lengkuas dan bebek. Rebus bebek sampai empuk , tiriskan.

Goreng bebek hingga keemasan. Sajikan dengan sambal goreng tomat muda.

Bebek Goreng Oven

Bahan :
2 buah paha bebek

Bumbu halus (blender dengan sedikit air) :
1 bawang bombay ukuran medium
3 bawang putih
1 cabe hijau / jalapeno pepper
1 sendok teh ketumbar
3 biji kemiri sangrai
1/2 sendok teh kunyit bubuk
3 daun jeruk
2 batang serai (bag putih)
2 inches / 4 Cm Jahe
Garam & Lada sesuai selera

Cara olah :
Panaskan oven 175C.
Baluri bebek dengan bumbu halus, lalu atur di pirex / kotak aluminium sekali pakai.
Tutup rapat pirex dengan aluminium foil, lalu masukkan oven dan masak selama 1,5 jam.
Setelah 1,5 jam buka tutup aluminiumnya, panggang lagi sampai kulit kecoklatan. Kalau gak sabar ganti dengan api atas / broil sehingga proses lebih cepat tapi harus diawasi terus jangan sampai gosong.
Hidangkan dengan nasi putih dan sisa bumbu yang mengendap.

Bebek Betutu

Bahan:

1 ekor bebek, ± 2¼ kg

Bumbu yang dihaluskan:

18 bawang merah

6 siung bawang putih

3 batang serai

5 daun jeruk purut

6 kemiri

4 cm jahe

6 cm kunyit

6 cm kencur

1 sdt merica

5 cabai rawit

1 sdt ketumbar

2 sdt terasi bakar

1½ sdm garam

3 sdm minyak goreng

daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat:

Cuci dan bersihkan bebek hingga kering, sisihkan.

Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng di dalam baskom. Aduk hingga merata.

Oleskan bumbu di atas di bagian luar bebek. Lalu masukkan sisa bumbu semua ke dalam perut bebek.

Tutup bagian belakang bebek yang terbuka dengan tusuk sate.

Bungkus bebek tersebut dengan daun pisang hingga rapat lalu dikukus selama 50 menit.

Angkat bebek yang sudah dikukus lalu masukkan ke dalam oven yang terlebih dahulu dipanaskan dengan temperatur 350ºF selama 30 menit.

Lepaskan daun pisang pembungkus lalu potong kecil-kecil daging bebek tersebut dan dihidangkan bersama isinya.

Jika bebek matang, dagingnya akan sangat lembut dan bisa terlepas dari tulangnya dengan mudah.

Catatan: Rasa bebek betutu ini akan lebih enak jika pemanggangan dilakukan di atas arang daripada menggunakan oven. Tapi, jika menggunakan arang, jangan lupa untuk membalikkan bebek beberapa kali supaya matang dan bumbu meresap dengan merata.

Untuk 4-5 orang.

Gulai Bebek

Bahan:

1 ekor bebek manila, potong jadi 16

air secukupnya untuk merebus

2000 cc santan

2 sdm mingak goreng untuk menumis

Bumbu :

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

10 butir kemiri

10 buah cabai merah, haluskan

1 ruas jari jahe

1 batang serai

1 ruas jari lengkuas, memarkan

5 helai daun salam

5 helai daun jeruk

garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Lumuri bebek dengan garam dan merica bubuk, lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan

Tumis bebek bersama bumbu hingga harum, tuang santan. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga bebek matang, angkat.

Bebek Panggang

Bahan:

1 ekor bebek manila

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 ruas jari jahe, haluskan

3 sdm mushroom soy sauce

3 sdm kecap inggris

gara dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Bersihkan bebek, lap hingga kering, sisihkan

Buat campuran bumbu : campur bumbu yang ditumbuk dengan mushroom soy sauce, kecap inggris, garam, dan merica bubuk, aduk rata

Lumuri bebek dengan bumbu hingga merata, diamkan sebentar hingga bumbu meresap. Panggang bebek dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 1 1/2 jam hingga matang merata.

BEBEK GORENG BALI

GB
Jakarta - Kalau tak sempat ke pulau dewata untuk mencicipi enaknya bebek goreng khas pulau ini, coba saja membuat sendiri bebek goreng khas Bali ini. Bebeknya gurih empuk, terutama saat dimakan hangat dengan sambal matah dan urap sayuran yang pedas dan sedap!

Bahan : Bebek Goreng : 1 ekor (900 g) bebek, potong 4 bagian 4 sdm minyak sayur 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk 1 batang serai, memarkan Bumbu,
haluskan :
2 cm jahe segar 2 cm kencur 2 cm lengkuas 8 siung bawang putih 1 sdt terasi goreng 1/2 sdt ketumbar 1 sdt merica butiran 1 sdt gula pasir 2 sdt garam
Pelengkap :
Sambal Matah*) Urap Kacang Panjang

Cara membuat :
  • Aduk bebek dengan Bumbu Halus hingga rata. Diamkan selama beberapa jam.
  • Panaskan minyak, masukkan bebek berbumbu, daun salam, daun jeruk dan serai.
  • Aduk hingga bebek kaku dan berubah warna.
  • Tuangi air, masak dengan api kecil hingga daging bebek empuk. Angkat, dinginkan.
  • Panaskan minyak banyak di atas api sedang, goreng hingga bebek kering. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan Sambal Matah dan Urap Kacang Panjang.
  • Untuk 4 orang *)Sambal Matah Bahan: 3 sdm minyak sayur 1 sdt terasi 3 butir bawang merah, iris tipis 2 siung bawang putih, iris tipis 3 buah cabai rawit merah, iris halus 2 lembar daun jeruk purut, iris halus 1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus 1/2 sdt garam 1 butir jeruk limau, ambil airnya Cara membuat :
  • Panaskan minyak, goreng terasi hingga harum. Angkat.
  • Aduk dengan bahan lainnya hingga rata.
  • Beri air jeruk limau, aduk rata.
  • Sajikan.
  • Untuk 8 orang

    BEBEK GORENG ala MADURA
    Tips menghindari amis:
    Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal.
    Buangin bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

    NASI BEBEK MADURA ala Lia
    Bahan:
    1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
    2 sdm cuka
    400 ml air matang
    2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
    6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Bumbu Halus:
    5 siung bawang putih
    8 butir bawang merah
    1.5 sdt ketumbar sangrai
    0.5 sdt merica butiran sangrai
    4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
    3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
    4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
    5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
    8 butir kemiri
    2 sdt garam
    Cara:
    Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
    Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
    Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
    Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
    Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.
    Tips:
    Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

    Saus Kuning
    300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

    Sambal Bawang
    Bahan:
    3 butir bawang merah, iris kasar
    4 buah cabe merah, iris halus
    Cabe rawit secukupnya
    1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
    ½ sdt terasi goreng
    ½ sdt garam /secukupnya
    1 sdt gula /secukupnya
    4 sdm minyak
    100 ml air matang
    Cara:
    Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
    Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
    Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
    Note:
    Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D

    Poyah Kelapa Kuning
    Bahan:
    200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
    Bumbu halus:
    1 siung bawang putih
    ½ sdt garam
    1 cm kunyit
    2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Cara:
    Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
    Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
    Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

    Pelengkap lain:
    Nasi hangat
    Irisan tomat & mentimun
    Petikan daun kemangi
    Irisan jeruk nipis
    Lalapan lain sesue slera

    Penyelesaian:
    Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar