Kamis, 14 Januari 2010

SOP AYAM JAHE DAN SOP2 AYAM LAIN



Jakarta - Untuk memicu stamina sekaligus menghangatkan tubuh, sup ayam ini sangat cocok jadi lauk andalan hari ini. Membuatnya mudah dan proses perebusan yang lama membuat ayam empuk, gurih dengan kaldu bening bercitarasa jahe yang kuat. Sluuurp... sedap!

Bahan:
1 ekor ayam kampung yang gemuk, potong 10 atau 12 bagian
2 sdm kecap asin
1/2 sdm air jeruk nipis
1 sdm minyak sayur
2 siung bawang putih, cincang halus
75 g jahe, kupas, iris kecil panjang
1 liter air
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt garam
1/2 sdt minyak wijen
Taburan:
2 batang daun bawang, ambil bagian yang putih, iris serong tipis
2 batang daun ketumbar, petiki

Cara membuat:

  • Lumuri potongan ayam dengan kecap asin dan air jeruk nipis hingga rata.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
  • Masukkan potongan ayam,aduk hingga kaku. Angkat.
  • Didihkan air di atas api sedang.
  • Masukkan ayam tumis, bubuhi merica, garam dan minyak wijen.
  • Masak dengan api kecil hingga ayam lunak. Angkat.
  • Taburi bahan taburan, sajikan hangat.
Untuk 6 orang

( dev / Odi )


SUP KEMBANG KOL

Bahan :

  • 750 ml kaldu ayam
  • 2 butir telur, rebus matang
  • 1 buah kembang kol berat 350 gram
  • 100 ml krim kental
  • 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk
  • Taburan : peterseli cincang, telur rebus cincang, dan irisan daging asap

Cara membuat :

  • Telur rebus cincang, sisihkan.
  • Didihkan kaldu, masukkan kembang kol, masak hingga setengah matang, angkat dan blender.
  • Rebus kembali kembang kol halus, tambahkan krim kental, garam dan merica, didihkan selama memasak aduk-aduk. Setelah mendidih angkat.
  • Sajikan hangat taburi dengan peterseli, telur rebus dan irisan daging asap.
  • Untuk : 4 orang

SUP MISOA

Bahan

  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 100 gr udang, potong-potong
  • 750 ml air
  • 3 buah oyong (gambas), kupas, iris
  • 1 buah tahu telur (egg tofu), potong-potong
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 2 ikat misoa
  • 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk
  • Pelengkap: irisan daun bawang dan seledri

Cara Membuat

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe sampai harum.
  • Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna.
  • Masukkan air, lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan oyong, masak sebentar. Tambahkan potongan tahu, telur, garam, dan merica bubuk, aduk rata.
  • Tambahkan misoa, masak sebentar, angkat.
  • Sajikan hangat, taburi dengan irisan daun bawang dan seledri.
  • Untuk: 4 orang

SOTO LAMONGAN

Resep asli oleh Lenny Jusup; modifikasi dalam kurungan. Saya pakai cengkeh agak banyakan karena saya suka; jadi menyesuaikan saja dengan selera Anda yah.

  • 1 ekor ayam kampung 800 g (aku pake dada ayam bertulang, 600 g)
  • 2000 ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 ruas jahe, memarkan (aku iris tipis)
  • 4 cm lengkuas, memarkan (aku pake lengkuas kering, 3 irisan)
  • 3 butir cengkeh (aku pake 7)
  • garam secukupnya

Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah (aku pake bawang bombay merah/ungu yang besar, separuhnya)
  • 4 siung bawang putih (aku pake 1 sdm super penuh bawang putih cincang siap pakai)
  • 1/2 sdt merica (aku pake 1/4 sdt merica bubuk)
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 6 butir kemiri, sangrai (aku pake 7, dan lupa disangrai hahaha)
  • 2 cm kunyit

Pelengkap

  • 50 g suun, seduh air panas hingga lunak, tiriskan, gunting-gunting (aku pake capellini secukupnya, rebus dengan air panas dan sedikit garam, tiriskan, siram dengan air dingin, tiriskan)
  • 50 g kok iris halus (aku kira-kira aja semana butuhnya)
  • 2 batang daun seledri, iris halus
  • 3 butir telur ayam, iris bulat (aku cuman pake 2 butir, yang maem cuman 2 orang soalnya hehe)
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdm bawang putih goreng (aku pake yang siap pakai, di Chinatown di jual di toples-toples plastik)
  • kerupuk udang
  • sambal cabe rawit rebus (aku rebus 10 cabai rawit, tiriskan, taruh diblender beserta 4 sdm kuah soto dan sedikit perasan air jeruk nipis, blender halus; punyaku kubuat encer biar suami ga kepedesan)
  • irisan jeruk nipis

Cara Membuat

  • Rebus ayam sampe empuk, angkat, suwir-suwir
  • Tumis bumbu halus, tuang 5 sdm air rebusan ayam, masukkan jahe, lengkuas, cengkeh dan garam, masak 5 menit lamanya
  • Masukkan sisa air kaldu/rebusan, masak pada api kecil hingga mendidih, biarkan 20 menit angkat.
  • Siapkan mangkuk, masukkan ayam, kol, serta bahan lainnya, tuang kuah, taburi bawang-bawangan. Hidangkan dengan sambal, kerupuk, dan irisan jeruk nipis
  • VARIASIKU: Aku rebus ayam barengan dengan irisan jahe, lengkuas, cengkeh dan garam selama 45 menit. Tumis bumbu halus, beri sedikit kuah, lalu cemplungkan tumisan bumbu halus ke panci ayam, aduk rata, cicipi, rebus 1/2 jam lamanya pada api kecil-sedang. Angkat ayam, dinginkan, super kecilkan kompor. Suwir-suwir ayam, taruh capellini di mangkuk, beri kol, ayam, tuang kuah, beri irisan telur, tomat, daun bawang, dll). Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar