Rabu, 06 Januari 2010

TIPS MEMASAK PASTA

Jangan merebus pasta berbeda tipe dalams satu panci bersamaan. Beda pasta beda waktu yang diperlukan untuk merebus.
Senin, 28/12/2009 | 16:41 WIB

KOMPAS.com - Untuk menyiapkan makanan pasta, salah satu yang penting dalam sajian adalah rasa saus. Namun, saat ini sudah banyak cara untuk menyajikan saus pasta, bahkan sudah banyak saus pasta botolan yang bisa dibeli, tinggal tambahkan bumbu sedikit, selesai. Tapi yang sulit adalah menyiapkan agar pastanya terhidang dengan pas. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk memastikan pasta Anda terhidang sempurna.

- Pastikan Anda memiliki air yang cukup banyak saat merebus pasta. Pasta butuh banyak ruang untuk bergerak saat direbus. Pastikan air sudah dalam keadaan benar-benar mendidih sebelum memasukkan pasta.

- Anda bisa menambahkan satu sendok makan minyak ke dalam air untuk memastikan agar pasta yang Anda rebus tidak menempel satu sama lain, tapi tips ini bukan keharusan.

- Menambahkan garam pada air rebusan juga pilihan. Melakukan hal ini akan menambah rasa gurih serta membantu saus terserap lebih baik saat pasta sudah matang.

- Rebuslah satu macam pasta dalam satu panci rebusan. Jika pasta dalam berbentuk berbeda direbus bersamaan, kematangannya tidak akan maksimal. Tiap pasta memiliki waktu matang berbeda. Pastikan api dalam keadaan sedang.

- Pasta seharusnya lembut namun tetap cukup padat untuk digigit (ini yang namanya al dente). Jika Anda memasak pasta lebih dari tingkat ini, memang masih bisa dimakan dan dinikmati. Namun, rasanya akan lebih lembek dan cepat terkoyak. Ketika Anda belum yakin, coba angkat sehelai pasta untuk dicicipi sebelum benar-benar mengangkat semuanya.

- Saring pasta yang sudah matang dengan penyaring berbentuk mangkuk. Basuh kembali dengan air dingin jika ingin mendapatkan pasta dingin. Zat tepung yang ada di bagian terluar pasta akan membantu saus terserap lebih baik. Ketika Anda menyiram kembali pasta Anda, zat tepung tersebut akan terhilang.

- Untuk memberikan rasa, tambahkan saus, sayuran, dan atau keju pada pasta Anda. Anda juga bisa menambahkan ayam atau daging lain yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Cobalah tambahkan rasa dengan menggunakan udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar