Rabu, 06 Januari 2010

TIPS Memanggang kue...

KOMPAS.com - Bagi pemula, membuat kue bisa menjadi momok yang mengerikan. Bila salah langkah, bisa jadi kue yang dibuat menjadi bantat atau gagal. Nah, agar tidak menemui kegagalan, terapkan sejumlah tips mudah ini.

1. Alas Kue

Lembaran-lembaran alas kue berwarna gelap baik digunakan untuk memanggang kentang bakar atau daging panggang. Sedangkan lembaran-lembaran alas kue yang berwarna terang akan membantu agar memanggang kue tidak cepat hangus terbakar.

2. Ukuran Telur

Telur yang dibutuhkan untuk resep-resep kue yang dipanggang biasanya yang berukuran sedang sampai besar. Namun, jika memakai telur yang berukuran terlalu besar, hanya akan membuat kue Anda mengempis ketika sudah dingin. Sayang, bukan?

3. Kue Renyah

Kue kering akan lebih terasa garing dan renyah bila adonannya diuleni dengan air dingin. Sebaliknya, bila menguleninya dengan air hangat, kue jenis ini akan gampang remuk.

4. Irisan Kacang & Buah

Saat menambahkan irisan kacang, kenari, atau buah-buahan ke dalam adonan kue, masukkan terlebih dahulu ke dalam kantung terigu, kemudian kocoklah sampai merata. Kalau sudah terselimuti oleh tepung, irisan kacang atau buah-buahan tadi akan menyatu secara sempurna dengan adonan kue, sebelum dipanggang.

5. Muffin

Agar lebih rapi, tidak berceceran, dan lebih cepat, coba gunakan sendok khusus es krim untuk mengisi cetakan-cetakan muffin sebelum dipanggang.

Nah, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar